Makanan Yang Harus Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Di Usia Kehamilan 1 Bulan

Makanan Yang Harus Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Di Usia Kehamilan 1 Bulan

Makanan Yang Harus Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Di Usia Kehamilan 1 Bulan - Asam folat adalah nutrisi yang perlu ditambahkan dari bulan pertama kehamilan dan sepanjang trimester pertama untuk mencegah malformasi janin.
Sebagian besar wanita tidak tahu pasti apakah mereka hamil atau tidak sampai mereka menyadari bahwa mereka positif hamil ketika menggunakan tes kehamilan. Ketika ibu tahu bahwa ibu hamil, biasanya sudah terlambat, biasanya ibu mulai mengetahui kehamilan dari usia 2-3 minggu kehamilan. Sehingga banyak ibu khawatir bahwa mungkin ada risiko berbahaya yang terjadi pada bayi di dalam perut di trimester pertama.

Sang ibu tidak perlu terlalu khawatir. Sebagian besar bayi sehat dan berkembang dengan baik dalam 2-8 minggu pertama kehamilan. Namun, ini tidak berarti bahwa ibu itu subjektif lagi dalam beberapa bulan mendatang. Perhatikan diet harian Anda untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh di bulan pertama kehamilan.

Makanan Yang Harus Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Di Usia Kehamilan 1 Bulan

Apa makanan yang harus dimakan di usia kehamilan 1 bulan?

Selama minggu-minggu ini, ibu sering memiliki gejala mual, perut kembung, muntah, sakit kepala, nyeri dada, kantuk. Oleh karena itu, wanita harus mencoba untuk melengkapi keseimbangan nutrisi dan sehat untuk keduanya. Pastikan Ibu untuk menambahkan makanan berikut:

Makanan kaya folat

Asam folat dan folat adalah nutrisi yang harus ditambahkan tepat sebelum kehamilan dan selama bulan-bulan pertama untuk mencegah malformasi janin, terutama spina bifida. Wanita hamil disarankan untuk menambahkan 400-600mcg asam folat setiap hari untuk memastikan janin berkembang dengan baik. Makanan kaya gizi ini termasuk jeruk, kentang, brokoli, asparagus, telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap.

Vitamin B6

Vitamin ini sangat penting pada bulan pertama kehamilan karena dapat membantu menekan mual dan muntah. Alih-alih minum obat untuk mengobati mual di pagi hari, Anda harus melengkapi makanan yang kaya vitamin B6 seperti sereal, salmon, kacang, pisang, dan kacang.

Buah

Buah adalah makanan yang sempurna untuk diet ibu karena mereka kaya akan vitamin, kandungan air, antioksidan, serat.  Ibu harus menambahkan buah setiap hari dalam makanan sampingan.

Produk susu

Susu merupakan sumber protein, air, lemak sehat,  vitamin, kalsium, asam folat, dan vitamin D. Ibu harus melengkapi susu dan produk olahan susu seperti yogurt, keju.

Daging

Kebanyakan daging aman dengan ibu labu dan juga mengandung protein dan vitamin penting. Namun, prinsip yang harus diperhatikan orang tua adalah menghindari makan daging mentah.

Makanan kaya zat besi

Besi adalah mineral penting yang membantu menjaga aliran darah ke ibu dan janin. Bayi membutuhkan banyak zat besi untuk menyerap cukup oksigen dan nutrisi. Makanan kaya besi termasuk: bit gula, oatmeal, dedak, tuna kaleng, kacang, buah kering, ayam dan domba.

Makanan mengandung gula

Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang bahwa kehamilan adalah meminimalkan makanan yang mengandung gula. Padahal, di bulan pertama, ibu tidak akan mudah menambah berat badan. Sebaliknya, tubuh ibu membutuhkan antara 200-300 kalori per hari dan makanan dari gula akan membantu menyediakan cukup kalori untuk ibunya. Ibu harus memilih makanan yang mengandung gula alami seperti buah segar, puding, jus buah segar, vitamin.

Apa makanan yang harus dihindari di usia kehamilan 1 bulan?

Merasa lelah, sakit, morning sickness di bulan pertama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil tidak terlalu peduli tentang makan yang dimakan. Namun, penting untuk mengetahui bahwa ada makanan yang harus dibatasi atau tidak dimakan untuk menjamin keamanan janin, seperti :

Makanan menyebabkan kontraksi uterus

Beberapa makanan memperingatkan bahwa makan banyak akan menyebabkan kontraksi rahim, yang menyebabkan aborsi seperti nanas, licorice, pepaya hijau. ibu hamil harus menghindari pada bulan pertama kehamilan.

Makanan laut mengandung tingkat merkuri yang tinggi

Makanan laut yang mengandung tingkat merkuri yang tinggi dapat secara serius mempengaruhi perkembangan janin janin, jadi ibu perlu membatasi asupannya. Ibu harus memilih jenis udang, kepiting, ikan air tawar untuk melengkapi menu sehari-hari.

Keju lembut

Keju lunak dapat dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, yang dapat menyebabkan keracunan makanan atau infeksi bakteri berbahaya. Wanita hamil juga harus menghindari susu yang tidak dipasteurisasi dan produk susu.

Makanan kemasan dan makanan siap saji

Pada bulan pertama kehamilan, ibu juga harus membatasi penggunaan makanan olahan seperti jus, susu kental karena makanan ini dapat mengandung bakteri patogen. Sebaliknya, buat jus Anda sendiri dengan buah segar di rumah.

Stimulan

Kehamilan juga disarankan untuk berhenti merokok, minuman beralkohol dan kafein, minuman ringan sebelum dan selama kehamilan untuk memastikan janin berkembang dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Yang Harus Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Di Usia Kehamilan 1 Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel