7 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena)


7 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena)

7 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena) - Salah satu sistem organ yang memegang peranan penting dalam tubuh manusia adalah organ transportasi atau peredaran darah. Terdapat 3 organ peredaran darah, yaitu sel darah, pembuluh darah, serta jantung. Jika jantung berfungsi sebagai pemompa sel darah ke seluruh tubuh, maka pembuluh darah adalah salurannya. Dengan bantuan pembuluh darah, sel darah bisa mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

Setiap pembuluh darah berbeda dari segi fungsinya. Pembuluh darah pada kulit manusia memiliki fungsi yang berbeda dengan pembuluh darah yang terdapat pada jantung dan nadi. Terdapat dua jenis pembuluh darah pada tubuh manusia, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik.  Setiap dari keduanya memiliki cabang yang disebut dengan kapiler darah atau pembuluh kapiler. 

Pembuluh darah kapiler merupakan penghubung antara pembuluh nadi dan pembuluh balik. Ciri-ciri pembuluh darah kapiler adalah berdinding tipis dan berpori, sehingga oksigen dan karbondioksida yang dibawa oleh darah bisa saling bertukar tempat dari dan menuju jantung.
Peredaran darah yang melewati pembuluh nadi dan pembuluk balik terbagi menjadi dua, yaitu: 
  •  Peredaran darah besar. Pada peredaran ini, darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan kembali lagi ke jantung.
  •  Peredaran darah kecil. Pada peredaran ini, darah mengalir dari jantung ke paru-paru kembali lagi ke jantung.

Agar Anda bisa lebih memahami sistem kerja kedua jenis pembuluh darah tersebut, maka pada kelanjutan artikel di bawah ini saya akan mengulas perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.

Perbedaan-Perbedaan Pembuluh Nadi dan Pembuluh Balik

Berikut ini uraian singkat tentang perbedaan - perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.

1.Perbedaan dari nama Lain

Pembuluh nadi memiliki nama lainnya yaitu pembuluh arteri yang berarti  pembuluh besar atau pembuluh utama. Disebut demikian bukan karena bentuknya yang jauh lebih besar dari pembuluh balik, melainkan karena pembuluh ini membawa oksigen, yaitu gas utama yang dibutuhkan untuk pernafasan. Adapun nama lain dari pembuluh balik adalah pembuluh vena.

2.Perbedaan kandungan pembuluh

Pembuluh nadi berfungsi sebagai pembawa darah yang mengandung oksigen. Darah tersebut dibawa dari jantung ke seluruh tubuh dan otak. Adapun pembuluh balik berfungsi sebagai pembawa karbondioksida hasil respirasi yang sudah tidak digunakan oleh tubuh. Karbondioksida tersebut dibawa kembali ke jantung dari seluruh tubuh manusia dan dari paru-paru.

3.Perbedaan fungsi

Masih terkait dengan pembahasan sebelumnya, pembuluh nadi bertugas mengalirkan darah bersih berisi oksigen ke seluruh tubuh manusia, termasuk otak. Adapun pembuluh balik bertugas sebagai pembawa karbondioksida yang dihasilkan dalam proses tubuh menuju jantung.

4.Perbedaan organ yang dilalui

Meskipun semua bagian tubuh manusia dilalui oleh pembuluh darah, namun tetap ada beberapa perbedaan. Sebab, ada tempat yang hanya dilalui pembuluh dan tidak dilalui oleh pembuluh balik, demikian pula sebaliknya. Perbedaan yang ada disesuaikan dengan fungsi organ tubuh yang dilaluinya. Pembuluh nadi atau arteri terdapat pada saluran proses pencernaan makanan, misalnya mulut, tenggorokan, lambung, usus halus, usus besar, sampai anus. Adapun pembuluh balik hanya terdapat di bagian sistem pencernaan lainnya yaitu hati.

5.Perbedaan dari segi kondisi pembuluh

Perbedaan selanjutnya yang didapatkan pada pembuluh nadi dan pembuluh balik adalah kondisi pembuluh itu sendiri. Pembuluh nadi memiliki dinding pembuluh yang tebal, kuat, dan elastic karena  fungsinya sebagai pemabwa darah merah atau segar ke seluruh bagian tubuh manusia. Jika tidak kuat, oksigen bisa keluar dengan mudah dan membahayakan manusia. Berbeda dengan dinding dari pembuluh balik yang justru tipis dan tidak elastic, namun tetap aman karena terlindung di bawah kulit.

6.Perbedaan dari segi letak

Perbedaan lainnya yang terdapat pada pembuluh nadi dan pembuluh balik adalah posisi atau letaknya yang berbeda, meskipun berada di dalam organ yang sama. Pertemuan terjadi di percabangan atau pembuluh kapiler. Letak pembuluh nadi di bagian tubuh yang agak dalam dan tersembunyi. Itulah sebabnya kenapa sulit dilihat di seluruh permukaan tubuh, namun bisa dirasakan denyutannya yang seirama dengan denyut jantung. 

Coba saja buktikan dengan meraba bagian pergelangan tangan dalam, nanti Anda akan merasakan adanya denyutan. Nah itulah letak pembuluh nadi.
Begitu pula dengan leher di atas rahang bagian kanan, di mana kita bisa merasakan denyut pembuluh nadi di sana. Pembuluh nadi terletak sedikit di bawah kulit, dengan warna terlihat kebiruan. Oleh karena itu, dalam gambar pembuluh darah, pembuluh balik umumnya digambarkan berwarna biru dan pembuluh nadi berwarna merah.

7.Perbedaan dari segi aliran darah saat terluka

Saat pembuluh nadi terluka, darah akan bercucuran dengan deras. Salah dalam memberikan penanganan bisa mengakibatkan kematian. Sebab, pembuluh nadi yang terluka berarti sama saja dengan memotong aliran oksigen ke seluruh tubuh, karena darah dari jantung yang terus memompa dengan cepat akan segera habis. Adapun jika pembuluh balik tergores atau terluka, darah yang keluar dari pembuluh tidak akan deras karena hanya berupa rembesan darah. Jadi, luka yang umumnya dialami manusia saat tergores adalah luka pada pembuluh balik.

Demikianlah perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik. Di beberapa tempat, kedua pembuluh tersebut dinamakan sesuai dengan organ yang dilaluinya. Sebagai contoh, pembuluh nadi yang melewati leher dinamakan dengan arteri leher, sedangkan yang melewati ginjal dinamakan dengan arteri ginjal, demikian seterusnya. Demikian pula pembuluh balik/vena, yang melewati pencernaan disebut dengan vena pencernaan, yang melewati ginjal disebut sebagai vena ginjal. Demikian seterusnya.

Karena fungsi dari pembuluh darah sangat penting, yaitu mengalirkan darah yang mengandung oksigen penting dari jantung ke seluruh tubuh, maka seharusnya kesehatan jantung dan pembuluh darah ini harus dijaga sebaik-baiknya. Jika pembuluh darah tersebut tiba-tiba tersumbat sehingga pasokan oksigen ke tubuh dan otak berhenti, akan mengakibatkan terjadinya stroke.

Cara menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Makanan yang tidak sehat akan menghasilkan lemak dan kolesterol jahat yang menyumbat jantung. Selain itu, rajin berolahraga dan menghindari stres juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari gangguan jantung dan pembuluh darah. Semoga bermanfaat.

Demikian penjelasan tentang 7 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena). Semoga dapat membantu dan bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "7 Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel