Berbagai Macam Fungsi Serta Peran Pendidikan Di Indonesia

Berbagai Macam Fungsi Serta Peran Pendidikan Di Indonesia

Berbagai Macam Fungsi Serta Peran Pendidikan Di Indonesia - Bangsa Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki karakter serta jati diri yang kuat. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia saat ini. Selain itu tentunya ada banyak sekali berbagai macam sumber daya alam yang juga terbentang luas di Negara Indonesia. Tentunya agar dapat mengelola berbagai macam sumber daya yang dimiliki maka masyarakat perlu mengenyam pendidikan yang mumpuni saat ini. Karena dengan begitu maka masyarakat akan memiliki pola pikir yang maju dan kemudian dapat menjadi sejahtera dari adanya pendidikan yang telah di tempuh.

Pada dasarnya ada berbagai macam jenis pendidikan di Indonesia yang bisa diikuti oleh masyarakat mulai dari yang formal, informal, hingga non formal. Adanya berbagai macam jenis pendidikan tersebut tentunya memiliki tujuan yang baik untuk perkembangan bangsa kedepannya. Karena pendidikan sendiri memiliki peranan yang sangat aktif bagi adanya perkembangan suatu Negara yang ada di seluruh dunia. Tentunya tanpa adanya suatu pendidikan yang memiliki terencana secara baik maka nantinya akan sangat berpengaruh pada setiap individu dalam suatu Negara. Adanya sumber daya manusia yang telah di sampaikan tersebut akan mempengaruhi kualitas dari suatu Negara itu sendiri.

Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah alasan krusial mengapa saat ini pendidikan di Indonesia wajib di tempuh minimal 12 tahun. Karena dengan begitu maka nantinya masyarakat akan memiliki modal yang cukup untuk kemudian mengembangkan pemikiran yang dimiliki. Bahkan tidak hanya itu saja, karena dengan adanya pendidikan yang di tempuh maka akan membuat kreatifitas individu terus berkembang. Dengan begitu maka nantinya cita-cita bangsa untuk menjadi sebuah Negara yang maju akan lebih mudah tercapai. Tentunya dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas maka perkembangan suatu Negara akan berlangsung secara pesat.

Dalam pembahasan kali ini kamu akan di berikan penjelasan mengenai apa saja fungsi serta peran dari adanya pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan adanya informasi yang di sampaikan maka akan membuat kamu mendapatkan informasi yang lebih utuh. Sehingga kemudian bisa di jadikan sebagai penguat untuk kemudian mengikuti minimal sekolah yang di wajibkan oleh Negara saat ini. Dengan begitu maka nantinya kamu akan memiliki pemikiran yang maju dan kemudian mampu meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Untuk itulah maka simak pembahasan di bawah ini mengenai berbagai macam fungsi serta peran pendidikan yang ada di Indonesia.

Berikut Berbagai Macam Fungsi Serta Peran Pendidikan Di Indonesia

Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan
Salah satu fungsi serta peran dari adanya pendidikan di Indonesia adalah dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan. Dimana hal ini sejalan dengan asas yang ada didalam pancasila yaitu pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Tentu adanya pendidikan yang ada di Indoneisa bertujuan untuk dapat mencapai asas pada sila kesatu dalam pancasila tersebut. Dengan begitu maka nantinya akan tercipta masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan dengan menjalankan semua perintah-Nya serta menjauhi berbagai larangan-Nya.

Terciptanya individu yang beretika serta bermoral tinggi
Salah satu fungsi lainnya dari adanya pendidikan yang ada di Indonesia tentunya adalah untuk dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Dimana salah satu cita-cita bangsa adalah mewujudkan masyarakat yang beretika dan juga memiliki nilai moral yang tinggi. Dengan adanya pendidikan yang ada di Indonesia tentunya akan terwujud maksud dan tujuan dari adanya sila kedua yang ada dalam pancasila. Dimana nantinya masyarakat akan mampu memiliki pengendalian diri yang baik, bertanggung jawa, memiliki moral yang bagus, serta memiliki akhlakul karimah. Dengan begitu maka nantinya setiap warga Indonesia akan mengetahui apa saja batasannya dalam berperilaku di tengah masyarakat.

Mampu mencetak adanya generasi muda yang kreatif dan memiliki daya saing
Ya, tidak dapat di pungkiri bahwa semakin bertambahnya tahun perkembangan teknologi telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini tentunya akan mempengaruhi jumlah lowongan kerja yang ada saat ini. Dimana sekarang ini fungsi manusia telah di gantikan oleh mesin dalam setiap perusahaan yang ada. Tentunya adanya pendidikan di Indonesia sendiri memiliki peran dalam mencerdaskan generasi muda sehingg mampu berkembang secara kreatif. Dimana nantinya setiap individu akan mengetahui potensi yang dimiliki sehingga mampu untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih maju nantinya.

Dapat membentuk kepribadian yang sehat
Pendidikan yang ada di Indonesia saat ini juga tidak luput dari adanya berbagai macam usaha nyata yang di tujukan untuk bisa mewujudkan individu yang memiliki pribadi sehat. Dalam hal ini tentunya pribadi yang sehat bukan saja dilihat dari fisik yang bugar dan tidak terkena penyakit apapun. Individu yang di katakan sehat dalam hal ini adalah mereka yang dapat memiliki pemikiran baik dalam kehidupannya sehingga akan berpengaruh pada kesehatan. Dimana kesehatan yang dimaksud mencakup jasmani dan rohani yang keduanya merupakan dua hal yang tidak dapat di pisahkan dalam setiap diri individu.

Mampu mengembangkan pola pikir yang kritis serta dinamis
Selain itu tentunya sebuah pendidikan di Indonesia sendiri memiliki tujuan yang tidak hanya berfokus pada terciptanya generasi muda yang cerdas saja. Bahkan pendidikan yang ada saat ini memiliki tujuan untuk bisa mengembangkan adanya pola pikir yang kritis serta dinamis. Dengan adanya pola pikir yang kritis serta dinamis akan memberikan kamu pemikiran yang lebih terbuka. Sehingga kamu akan bisa lebih mudah dalam menentukan mana yang sekiranya lebih baik untuk dilakukan dan yang tidak. Dengan begitu maka nantinya kehidupan yang di jalankan akan bisa sesuai dengan yang semestinya.

Mewujudkan adanya masyarakat yang mampu bersatu
Salah satu fungsi serta peran adanya pendidikan di Indonesia sendiri adalah adanya terciptanya masyarakat yang bersatu. Dalam sila ketiga yang ada pada pancasila di sebutkan “persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia”. Tentunya adanya pendidikan yang ada di Indonesia di tujukan agar nantinya dapat mencapai persatuan yang utuh tanpa memandang berbagai macam hal. Seperti strata sosial, suku, budaya, serta jenis kelamin dari setiap individu dalam mendapatkan pendidikan yang sama di sekolah. Dengan adanya tujuan tersebut tentunya pendidikan yang ada di Indonesia akan dapat menjalankan setiap fungsinya secara baik nantinya.

Tentunya masih ada banyak lagi berbagai macam fungsi serta tujuan dari pendidikan di Indonesia yang tersedia saat ini. Untuk itu maka sangat penting bagi masyarakat saat ini agar bisa sadar akan fungsi pentingnya pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan begitu maka nantinya setiap fungsi serta peranan penting yang dimiliki oleh pendidikan yang ada akan bisa tercapai secara maksimal. Itu saja yang bisa di sampaikan dan semoga informasi yang telah di sampaikan diatas dapat menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Macam Fungsi Serta Peran Pendidikan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel