Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell

Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell
Via Pixabay.com
Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell - Bagaimana cara mengetahui kecepatan koneksi Wi-Fi dan Ethernet? Anda bisa melakukannya dengan powershell. Pada windows 10 network adapter berfungsi untuk menghubungkan antara sistem dengan koneksi internet, baik menggunakan koneksi dengan kabel atau tanpa kabel (wireless). 

Tentu Anda sudah mengetahui besarnya koneksi yang digunakan merupakan keharusan. Misalnya mengetahui seberapa besar kecepatan yang didapat dan dihasilkan melalui adapter terkait dengan spesifikasi teknis. Atau ketika tidak terdapat informasi yang mendetail mengenai kecepatan yang didapat atau dihasilkan.

Windows 10 telah menyediakan cara yang mudah, dimana Anda dapat mengetahui berapa kecepatan yang disediakan oleh ISP baik ketika Anda menggunakan wifi atau menggunakan ethernet, yaitu melalui GUI seperti Settings dan Control Panel. Namun alternatif lain yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan CMD atau Command Prompt dan satu lagi yaitu PowerShell dimana akan dibahas dalam artikel ini, namun sebelum masuk ke pokok pembahasan, Anda harus paham terlebih dahulu mengenai apa itu Wifi, Ethernet dan PowerShell.

Apa Itu Wifi?
Wifi merupakan teknologi komunikasi untuk nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi.
Wifi atau yang sering ditulis dengan Wi-FI pertama kali ditemukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT&T pada 1991 untuk sistem kasir. Namun untuk saat ini, teknologi ini banyak digunakan pada perangkat mobile diantaranya adalah Smartphone, Laptop dan perangkat lainnya.

Teknologi WIFI adalah sebuah teknologi yang berbasis pada standar IEEE. Pemegang merek dagang Wi-Fi mendefinisikan sebagai produk jaringan wilayah lokal nirkabel atau WLAN.
Wifi memperbolehkan LAN beroperasi tanpa memerlukan kabel, Teknologi wifi menjadi populer dan menjadi pilihan praktis bagi sebagian besar jaringan bisnis atau rumah tangga.

Apa Itu Ethernet?
Ethernet jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal yang digunakan untuk data jaringan komputer. Yang mengembangkan Ethernet adalah Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research atau PARC dan dikembangkan pada tahun 1972.

Teknologi Ethernet sangat mudah dan diadaptasi oleh perangkat seperti printer, modem, faksimile, scanner, VoIP phone serta perangkat teknologi informasi lainnya. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan semakin meningkat kebutuhan masyarakat akan layanan komunikasi data, maka teknologi ini digunakan sebagai interface dari layanan broadband data communication yang lebih dikenal dengan Metro Ethernet.

Apa Itu PowerShell?
Powershell adalah command line interaktif dan bahasa pemrograman scripting berorientasi objek yang dimiliki oleh microsoft windows dan memiliki sifat open source. Powershell merupakan automation platform yang akan memudahkan administrator di dalam melakukan otomatisasi dan manajemen sistem operasi Windows dan Windows server.

Powershell dibuat berdasarkan kerangka .NET framework untuk mengimplementasikan banyak macam operasi serta dapat menghasilkan output tidak hanya dalam bentuk text namun juga berdasarkan .net object yang menyebabkan powershell kaya akan object dan fungsionalitas.

Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi Dan Ethernet

Berikut ini adalah cara mengetahui kecepatan koneksi Wifi dan Ethernet dengan menggunakan powershell.
1. Langkah pertama Anda harus membuka PowerShell as Administrator
2. Lalu ketikan perintah “Get-NetAdapter | select interfaceDescription, name, status, linkSpeed” dan klik enter pada keyboard
  Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell

3. Hasil output akan keluar dimana akan tertera informasi berupa nama adapter di windows 10, status, jenis koneksi dan kecepatan yang disediakan
4. Selesai

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan fitur di Cpanel
1. Buka Control Panel seperti biasa.
2. Buka menu Network and Internet - Network and Sharing Center.
3. Di bilah bagian kiri, klik Change adapter settings.
Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell

4. Lalu klik adapter network dua kali.
Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell

5. Maka, Anda akan melihat kecepatan WiFi di bagian Speed
Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell

Sekian artikel tentang cara mengetahui kecepatan koneksi Wifi dan Ethernet, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet di Windows 10 dengan PowerShell"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel