Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows


Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows
Pixabay.com
Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows - Untuk dapat menghemat ruang penyimpanan yang terdapat pada windows, cara menghapus file temporary bisa menjadi salah satu pilihan. File temporary adalah file yang berisikan kumpulan cache yang dibuat oleh service pada windows ataupun aplikasi pihak ketiga.

Apabila file temporary dibiarkan terlalu lama, maka ukuran file temporary akan menjadi lebih besar, terlebih lagi jika Anda tidak cukup hati-hati dengan keberadaan file temporary.
Untuk dapat menghapus file temporary ini, Anda dapat menggunakan disk cleanup atau melakukan penghapusan dengan cara manual. Namun jika Anda tidak ingin repot, maka terdapat cara dimana Anda bisa menghapus file temporary secara otomatis setiap kali windows dinyalakan.

Namun sebelum membahas bagaimana cara menghapus file temporary, maka Anda harus mengetahui beberapa hal yang harus diketahui dari Temporary File.

3 Hal Tentang Temporary File

Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer, maka pasti Anda akan menemukan banyak format file. Dan format file yang paling sering ditemukan diantaranya adalah .doc, .txt, .xml, .rar, dan lain sebagainya.

Namun apakah Anda tahu bahwa ternyata terdapat jenis file yang sering ditemukan yaitu Temporary File atau yang berekstensi .temp atau .TMP, mungkin Anda akan jarang menemui atau bahkan tidak menyadari karena letak file tersebut tersembunyi. berikut ini 3 hal tentang temporary file.

  • Apa Itu Temporary File ?

Temporary file merupakan file yang penggunaannya bersifat sementara. File tersebut dibuat otomatis oleh sistem Windows atau dibuat oleh suatu program untuk dapat menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, digunakan atau sedang di proses.

Temporary file akan otomatis terhapus apabila data telah selesai dikerjakan dan keluar dari suatu program. Namun tidak jarang Temporary File masih tertinggal dan tidak terhapus dengan otomatis. Jika terjadi secara terus-menerus, maka akan menjadi berlebihan dan tanpa Anda sadari temporary file akan mengurangi space harddisk. Dan kerugian yang didapat adalah akan memperlambat kinerja windows.

Jika hal tersebut terjadi, lalu bagaimana cara menghapus temporary file yang masih tertinggal? Anda dapat menghapusnya dengan menggunakan aplikasi bawaan dari windows yaitu disk cleanup. Atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga yaitu Ccleaner.

  • Fungsi Dari Temporary File

Temporary file dibuat dengan tujuan untuk mencadangkan data dari suatu program. Contohnya ketika Anda bekerja menggunakan salah satu program desain grafis yaitu CorelDRAW, program tersebut akan menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap menit atau istilahnya membackup data untuk sementara waktu.

Jika Anda menyimpan dokumen dan keluar dari program tersebut, maka temporary file akan dihapus secara otomatis. Namun jika program tiba-tiba mengalami crash atau not responding, maka secara otomatis program akan membuka Temporary File.

Dengan demikian Temporary File bisa digunakan untuk membantu merecovery atau memulihkan data Anda terkait dengan program yang Anda gunakan. Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat dokumen baru dari awal.
temporary file dibuat oleh sistem yang ada pada windows selama proses berjalan dengan normal dan saat tidak ada cukup memori yang dialokasikan untuk dapat menjalankan sebuah proses.

  • Lokasi Untuk Penyimpanan Temporary File

Anda bisa menemukan lokasi yang digunakan untuk menyimpan temporary file yang dibuat oleh sistem pada windows dan oleh setiap pengguna windows.
Temporary File yang dibuat oleh windows disimpan di  C:\Windows\Temp
Temporary File yang dibuat oleh pengguna windows disimpan di C:\Users\USERNAME\AppData\Local\Temp

Biasanya sistem akan menyembunyikan folder AppData, sehingga Anda tidak dapat melihat keberadaan folder tersebut di Windows Explorer. Jika Anda ingin melihat folder tersebut Anda bisa membuka menu Organize-Folder and Search-Options-pilih tab View- kemudian pilih Show hidden files dan folder

Mengapa ada 2 lokasi penyimpanan Temporary File? Karena temporary file berasal dari suatu program yang berlokasi di sub folder di dalam folder induk program tersebut.

Cara Menghapus File Temporary secara Otomatis

Berikut ini cara menghapus file temporary secara otomatis yang bisa Anda lakukan melalui windows.
1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan untuk menghapus file temporary adalah dengan membuka Notepad
2. Kemudian Anda harus meng copy script berikut ini ke dalam notepad.
@echo offDel “%tmp%*.*/s /q /fFOR /d % %p IN (“%tmp%*.*”) DO rmdir “%%p” /s /q

Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows

3. Kemudian simpan dengan nama bebas tetapi berakhiran dengan .bat (contoh hapus.bat)
Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows

Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows

4.Selanjutnya, Anda harus membuka Windows Run dan mengetikkan shell:startup untuk dapat membuka folder startup
Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows

5. Kemudian pindahkan batch tersebut ke dalam folder startup.
Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows

6. Selesai
Jadi ketika Anda memasukkan sesuatu (dimana di dalam kasus ini adalah file batch untuk dapat menghapus file temporary) ke dalam folder startup, maka windows akan secara otomatis mengeksekusi seluruh file yang terdapat dalam folder tersebut.

Dengan demikian file temporary akan terhapus secara otomatis setiap kali windows dijalankan. Anda dapat mengaplikasikan cara ini di semua versi windows.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara menghapus file temporary dan fungsi file temporary. Yang harus diperhatikan adalah Anda tidak perlu menghapus file temporary secara rutin. Anda cukup melakukannya 1 bulan sekali. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus File Temporary Secara Otomatis Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel