Hadist Yang Menjelaskan Peristiwa Hari Kiamat

Hadist Yang Menjelaskan Peristiwa Hari KiamatSalah satu bentuk keimanan yang harus ada pada setiap diri umat Islam adalah percaya adanya hari kiamat. Sebagaimana hadist yang menjelaskan peristiwa hari kiamat. Hari kiamat tersebut akan terjadi untuk berakhirnya kehidupan yang ada di dunia ini. Terjadi saat Allah telah memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang pertama kalinya. 
Hadist Yang Menjelaskan Peristiwa Hari Kiamat

Beberapa Hadist yang menjelaskan peristiwa hari kiamat

Hari Kiamat merupakan sebuah peristiwa dimana manusia dan seluruh alam semesta beserta isinya akan dihancurkan tanpa terkecuali. Peristiwa hari kiamat ini akan ditandai dengan ditiupnya terompet sangka kala atas seizin Allah yang dilakukan oleh Malaikan Israfil.

Perlu Anda ketahui bahwa Hari kiamat sendiri terbagi menjadi dua macam. Pertama Kiamat kecil atau Kiamat Sughro. Kiamat ini terjadi pada kehidupan manusia seperti kematian. Selain itu Kiamat sughra sudah sering terjadi dilingkungan sekitar sebagai bentuk adanya teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup agar mereka segera kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.

Sedangkan yang kedua adanya Kiamat Besar atau Kiamat Kubro. Kiamat kubra ini ditandai dengan akan berakhirnya seluruh kehidupan di dunia. Pada kiamat kubro Allah akan meluluhlantakkan alam semesta beserta isinya tanpa tersisa. 

Kebenaran hal tersebut ada pada Hadist yang menjelaskan peristiwa hari kiamat serta juga terdapat pada Al-quran. Sebagaimana Kebenaran adanya hari Akhir ini telah disebutkan dalam Al-quran surat Al - Mu'minun ayat 15-16.

Dimana artinya (15) Kemudian, sesudah itu, Sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. (16) Kemudian, Sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.
Pada ayat tersebut jelas mengungkapkan kebenarannya. Selain itu juga ada hadist dari Abu Hurairah “Allah Tabaraka wa ta’ala menggenggam bumi pada hari kiamat, Allah melipat langit dengan tangan kanan-Nya, kemudian Allah berkata, Akulah sang Raja, manakah para raja yang dahulu berkuasa di Bumi?” (HR. Bukhari-Muslim).

Selain itu juga ada hadis dari Abdullah bin Mas’ud, Dimana Rasulullah bersabda “Tidaklah tegak hari kiamat kecuali pada sejelek-jeleknya manusia”. Hadist tersebut di riwayatkan oleh Muslim.
Selain itu juga dari Abu Hurairah dimana Rasulullah bersabda “sesungguhnya pada saat dekat hendak terjadi kiamat maka ada hari diaman ketika itu kebodohan merata, ilmu diangkat dan terjadi al-harj (banyak pembunuhan)” Hadist diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim.

Setelah Anda mengetahui adanya hari kiamat yang juga dibenarkan pada hadist yang menyebutkannya. Maka tidak ada salahnya Anda juga memperlajari tanda-tanda akan kemunculan Kiamat agar bisa mempersiapkan segala amal kebajikan sebagai usaha untuk menolong saat di akhirat. 

Walaupun tidak pernah ada seseorang yang tahu kapan pastinya akan terjadi hari  hari kiamat, bahkan termasuk Nabi Muhammad SAW sekalipun. Namun kita bisa mengetahui dengan melihat tanda-tandanya hari kiamat itu akan datang. 

Misalnya dengan akan muncul pemfitnah dimuka bumi (Dajjal) yang bercirikan memiliki satu mata yang terletak ditengah dan dahinya tertulis huruf arab yang berbunyi kafir. Namun tidak semua orang bisa membacanya

Kemudian ciri berikutnya akan muncul berbagai binatang melata (Dabatul Ard) yang belum pernah ditemui sebelumnya. Akan ada masanya matahari yang terbit dari sebelah barat, pada saat ini semua amal manusia sudah tidak akan diterima lagi.

Kemudian akan turun Nabi Isa AS untuk memberantas Dajjal, selain itu juga akan muncul Ya'juj dan Ma'juj yang dikatakan mereka adalah perusak bumi. Gurun pasir jazirah tumbuh sebagai tempat yang subur dengan berbagai tumbuhan hijau. 

Wallahu’alam semua itu atas kehendak Allah sebagai pemilik semesta ini. Semoga ulasan mengenai Hadist yang menjelaskan peristiwa hari kiamat dan tanda-tandanya mampu menambah keimanan Anda dan membuat untuk terus beramal demi bekal menghadapi alam akhirat yang lebih kekal

Belum ada Komentar untuk "Hadist Yang Menjelaskan Peristiwa Hari Kiamat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel