Kisah Masuk Islamnya Umar Bin Khattab


Kisah Masuk Islamnya Umar Bin KhattabSalah satu kisah sangat inspiratif ada pada kisah masuk Islamnya Umar Bin Khattab. Pasalnya siapa yang tidak kenal dengan Umar bin Khattab kala itu. Beliau adalah salah satu orang yang sangat menentang perjuangan nabi dan hadirnya agama Islam.
Kisah Masuk Islamnya Umar Bin Khattab

Kisah masuk Islamnya Umar Bin Khattab penuh keajaiban dari Allah

Seperti yang telah dijelaskan pada sejarah Islam. Umar bin Khattab adalah salah satu tokoh kaum Quraisy yang sangat menentang Islam. Hal tersebut bukan dikarenakan ketidaktahuan akan agama Islam. 

Namun karena Umar bin Khattab merupakan orang yang sangat menjunjung agama dari nenek moyangnya yaitu sebagai penyembah berhala. Bahkan Umar bin Khattab menganggap bahwa kedatangan Islam telah merusak bahkan memecah belah masyarakat Makkah dan khususnya suku Quraisy.

Oleh karena itu untuk membuat masyarakat kembali seperti semula adalah menghentikan dakwah dari Nabi Muhammad. Cara pikir seperti itulah yang membuat Umar bin Khattab sangat memusuhi  dan menentang agama Islam. Bahkan Umar bin Khattab bahkan juga berpikir untuk membunuh Nabi Muhammad.

Ada beberapa riwayat telah menjelaskan awal mula dan penyebab Umar bin Khattab mendapatkan hidayah untuk masuk Islam. Pada riwayat yang pertama disebutkan bahwa pada suatu ketika Umar bin Khattab hendak pergi ke tempat Nabi Muhammad yang bertujuan untuk membunuhnya.

Namun saat perjalanan dia papasan dengan Nu’aim bin Abdullah yang menyarankan Sayyidina Umar agar membatalkan rencananya itu. Sebab ada yang harus diselesaikannya terlebih dahulu yaitu mengurus  iparnya Sa’id bin Zaid bin Amr saudarinya dan adiknya Fatimah binti Khattab yang telah masuk Islam. Sebelum Ia menghadapi Nabi Muhammad.

Oleh karena itu  Umar langsung menuju rumah Fatimah dengan keadaan yang tentu saja marah besar. Namun Allah berkehendak lain saat sampai di depan rumah adiknya Umar bin Khattab mendengar Khabbab bin al-Arat sedang membacakan Al-Qur’an.

Tepatnya surat Thaha kepada sang istri yaitu Fatimah dan Sa’id bin Zaid bin Amr. Seketika amarahnya padam dan hatinya bergetar sebab terkesima dengan keindahan kata-kata Al-Qur’an yang dibaca Iparnya tersebut. 

Seketika itu Umar bin Khattab meminta Khabbab untuk mengantarnya kepada Nabi Muhammad saw. Bukan lagi berniat membunuh tetapi ingin menyatakan bahwa dirinya mengingikan untuk masuk Islam. 

Selain itu adapula yang meriwayatkan cerita yang berbeda mengenai kisahnya masuk islam. Dimana pada riwayat yang kedua ini terjadi pada saat Umar bin Khattab mencari teman-temannya untuk meminum khamr bersama. 

Namun tidak ditemukannya temannya. Akhirnya Ia memutuskan pergi ke Ka’bah untuk thawaf. Saat itu Ia melihat Nabi Muhammad mengerjakan shalat. Akhirnya Umar penasaran dan mendengar apa yang diucapkan Nabi Muhammad dari dalam bilik Ka’bah.

Setelah mendengarkan bacaan Al-Quran dari Nabi Muhammad. Umar bin Khatab tersentuh dan diam-diam mengikuti nabi saat hendak pulang.  Saat telah dekat dengan rumah, Nabi Muhammad tersadar kalau sedang diikuti oleh Umar bin Khattab. Walaupun pada awalnya Nabi kaget dan mengira Umar bin Khattab hendak akan menyakitinya. Namun setelah itu beliau bertanya apa maksud dan tujuannya mengikuti hingga sampai rumah. Ternyata atas seizin Alloh Sayyidina Umar bin khattab menyatakan diri untuk masuk islam dan beriman kepada Allah.

Demikian itu kisah masuk Islamnya Umar Bin Khattab. Semoga menjadi inspirasi bahwa Allah yang bisa membolak balikkan hati manusia. Bahkan orang yang dulunya sangat menentang nabi kini menjadi pelindung nabi. Maka sangat mudah bagi Allah untuk membuat siapapun menerima hidayah.


Belum ada Komentar untuk "Kisah Masuk Islamnya Umar Bin Khattab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel