Simak Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Kehidupan

Simak Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Kehidupan

Simak Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi KehidupanPendidikan merupakan sebuah hal yang wajib diikuti oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kini pemerintah telah mewajibkan warganya untuk mengikuti sekolah wajib selama 12 tahun. Dimana jenjang pendidikan yang harus dilalui saat ini adalah SD, SMP, hingga SMA dan masing - masing memiliki karakteristik pembelajaran yang berbeda-beda. Akan tetapi tentunya salah satu pembelajaran yang masih ada mulai dari SD hingga SMA adalah pendidikan pancasila. Hal ini tentunya karena pendidikan pancasila sendiri memiliki berbagai macam fungsi dalam kehidupan yang akan di jalani nantinya.

Pancasila sendiri merupakan landasan bagi masyarakat untuk berbangsa dan bernegara karena berperan sebagai filsafat dari bangsa Indonesia. Setiap warga Indonesia tentunya di wajibkan untuk mengenal serta memahami pancasila sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dimana pancasila sendiri pada dasarnya adalah sebuah peninggalan dari para pendiri bangsa yang berisikan berbagai macam nilai serta budi pekerti yang luhur. Pancasila sendiri berperan sebagai sebuah pedoman dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat yang baik dan benar. Pendidikan pancasila sendiri penting untuk di pelajari karena inilah ideologi nasional dari bangsa Indonesia dan mengandung pemahaman makna dari setiap sisi kehidupan.

Adanya pengetahuan mengenai pancasila yang menjadi ideology dari bangsa Indonesia sendiri tentunya akan sangat bermanfaat dalam kehidupan nantinya. Dari penglihatan ilmiah sendiri tentunya kedudukan serta fungsi dari pancasila sendiri sangat luas dan tidak terbatas karena merupakan sebuah ideologi. Apalagi di Indonesia pancasila sendiri digunakan sebagai dasar Negara yang membuatnya perlu untuk di pelajari dengan baik dan benar. Pendidikan pancasila sendiri sangat perlu untuk di berikan dalam berbagai jenjang pendidikan yang tersedia di Indonesia. Bahkan kini pendidikan pancasila sendiri juga di ajarkan dan di tanamkan dalam perguruan tinggi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Seseorang yang mampu memahami kandungan isi dari pancasila tentunya akan mengerti terkait dengan berbagai macam fungsi dasar yang dimiliki. Karena dengan adanya pemahaman terkait dengan pancasila maka seseorang akan memiliki kekuatan dalam jiwa keagamaannya, memiliki kepribadian yang berkarakter, cerdas, berakhlak. Tentunya pancasila memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam kehidupan bermasyarakat serta tutunan yang ada didalamnya. Adanya pembelajaran pancasila di sekolah tentu akan membuat peserta didik mampu menginternalisasikan nilai-nilainya secara baik. Sehingga dengan begitu siswa akan mampu menerapkan secara baik cara-cara hidup dalam lingkungan masyarakat.

Dalam pembahasan kali ini kamu akan di berikan informasi mengenai berbagai macam fungsi penting dari adanya pendidikan pancasila yang ada di sekolah. Dengan adanya informasi yang di sampaikan maka nantinya kamu akan mendapatkan pemahaman yang utuh terkait dengan peranan dari pancasila. Sehingga nantinya kamu akan merasa senang dengan adanya pendidikan pancasila yang ada di sekolah. Dan kemudian mulai belajar secara sungguh-sungguh agar bisa memahami isi kandungan pancasila. Untuk itu maka simak pembahasan yang ada di bawah ini terkait dengan berbagai macam fungsi penting dari pendidikan pancasila.


Berikut Fungsi Serta Landasan Pendidikan Pancasila Yang Penting Di Ketahui

Fungsi pendidikan pancasila
Ada beberapa fungsi penting yang perlu di perhatikan dari adanya mata pelajaran pancasila yang ada di sekolah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki keimanan serta ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Artinya didalam makna yang terkandung pada pancasila di sila pertama adalah bahwa setiap orang di perintahkan untuk bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini tentunya memiliki makna bahwa bangsa Indonesia sendiri mencerminkan adanya masyarakat yang memegang teguh keimanannya.
  • Memiliki rasa kemanusiaan. Sebagai bangsa yang memiliki budi pekerti luhur maka masyarakat di tekankan untuk memiliki rasa kemanusiaan. Hal ini tentunya tertuang dalam pancasila sila kedua dimana bunyinya adalah “kemanusiaan yang adil dan beradab”
  • Persatuan bangsa merupakan sila ketiga yang tertera dalam pancasila yang berarti bahwa bangsa Indonesia sendiri merupakan masyarakat yang bersatu. Tentunya masyarakat Indonesia dengan berbagai macam kekayaan budaya yang dimiliki tetap bersatu demi kedaulatan bangsa.
  • Fungsi penting pancasila adalah tertuang pada sila keempat yaitu permusyawaratan perwakilan. Dalam hal ini tentunya makna yang bisa di ambil adalah bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang dapat menjalankan permusyawaratan. Sehingga kemudian akan tercipat mufakat dari adanya permusyawaratan yang dilakukan tentunya.
  • Dukungan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia. Maksudnya adalah bahwa pancasila sendiri menjadi sarana untuk bangsa agar dapat memberikan dukungan sosial bagi setiap warganya. Sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera dan damai dalam menjalankan kehidupannya.


Landasan dari adanya pendidikan pancasila
Di bawah ini adalah berbagai macam landasan adanya pendidikan pancasila yang perlu di berikan, diantaranya adalah:

  • Landasan history. Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya dengan jalan yang tidak mudah untuk mencapainya. Banyak sekali berbagai macam tantangan serta hambatan yang dialami oleh bangsa. Dan tentunya didalam pancasila sendiri sudah tertuang bagaimana jati diri bangsa Indonesia itu sendiri. Adanya sejarah yang begitu panjang terkait dengan perjuangan para pahlawan tentunya akan meningkatkan keinginan untuk belajar pendidikan pancasila.
  • Landasan budaya. Landasan budaya sendiri menjadi sebuah hal yang kemudian memunculkan arti pentingnya pendidikan pancasila ada di sekolah. Dimana kebudayaan Indonesia begitu beragam dan merupakan peninggalan dari adat istiadat nenek moyang terdahulu. Nilai yang terkandung dalam setiap sila pancasila sendiri merupakan milik dari seluruh bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku budaya.
  • Landasan hukum. Pendidikan pancasila juga memiliki landasan hukum yang dijadikan sebagai tumpuan utama dalam mempelajarinya. Dimana pembelajaran pancasila dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. Dimana muatan yang di ajarkan dalam pendidikan pancasila sendiri di atur dalam kurikulum yang sudah tersedia. Bahkan kini sudah tersedia undang-undang yang mengatur wajibnya di berikan pendidikan pancasila dalam setiap program studi.
  • Landasan filosofis. Sesuai dengan fungsinya dimana pancasila sendiri di jadikan sebagai sebuah ideology nasional maka terdapat landasan filosofis didalamnya. Dimana jika dilihat dari landasan filosofis maka bangsa Indonesia adalah masyarakat yang bertaqwa pada Tuhan dan menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Dimana kemudian landasan ini menjadi sebuah dasar bagi setiap orang untuk kemudian menerapkannya dalam kehidupan. Sehingga nantinya pembangunan secara nasional pada bangsa Indonesia akan berlangsung lebih baik dengan adanya landasan filosofis yang di pahami.

Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan terkait dengan berbagai macam fungsi serta landasan dari adanya pendidikan pancasila yang ada di sekolah. Tentunya dengan adanya fungsi serta landasan yang sudah di jelaskan diatas akan membuat kamu sadar mengenai arti pentingnya pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga informasi yang di berikan diatas dapat menjadi sebuah pengetahuan yang memberikan sumbangsih pemahaman terkait dengan pendidikan pancasila.

Belum ada Komentar untuk "Simak Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel