Apa itu Khilafah dan Khalifah?

Sebenarnya apa itu Khilafah dan Khalifah itu? Pada umumnya istilah yang sering digunakan pada agama islam adalah bahasa yang berasal dari bahasa arab. Oleh karenanya bagi orang diluar Arab, misalnya Indonesia istilah tersebut hampir terdengar sama, jadi tidak jarang banyak orang yang salah mengartikan makna pada setiap katanya.
Apa itu Khilafah dan Khalifah?

Perbedaan apa itu Khilafah dan Khalifah

Kata khilafah dan khalifah jika diucapkan hampir sama hanya berbeda pada penempatan huruf I dan A-nya. Lantas apa itu khilafah dan khalifah. Simak penjelasannya berikut ini.
  • Arti Khilafah 

Pada makna secara harfiah istilah khilafah memiliki arti sebagai pengganti. Kata pengganti yang tercantum disini maksudnya adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang menjadi pengganti dalam urusan kepemimpinan setelah nabi wafat.

Menurut orang-orang yang ada pada kalangan Syiah. Dimana golongan ini sangat meyakini bahwa Ali bin Abi Thalib yang menjadi sepupu sekaligus juga menantu Nabi inilah yang menjadi pengganti Nabi.

Pada sebuah hadits dari Ghadir Hum dikatakannya bahwa sepulang dari prosesi haji wada’ ini yang dijadikan sebagai rujukan kalangan syiah bahwa setelah nabi wafat maka kepemimpinan hanya akan diserahkan pada Ali bin Abi Thalib.

Namun hal ini berbeda dengan kalangan Sunni. Menurut pada pandangan seorang yang beraliran Sunni . Pada teks dalam Al-quran tidak dijelaskan siapa pengganti nabi. Oleh karenanya para golongan sunni ini tidak meyakini adanya hadis yang menyebutkan penunjukkan siapa yang akan menjadi pengganti nabi.

Orang-orang yang ada pada kalangan Sunni telah meyakini bahwa pada  hadis Ghadir Hum memang hadis sahih serta juga mutawatir. Akan tetapi yang dimaksud khalifah itu adalah Ali bin Abi Thalib, golongan ini tidak setuju. 

Pasalnya Ali memang dianggap sebagai pengganti Nabi namun dalam hal keilmuan dan spiritualnya saja. Sedangkan pada hal kepemimpinan tidak ada petunjuk tekstual secara spesifik.

Oleh sebab itu juga setelah wafatnya Nabi para kelompok Muhajirin dan Ansor saling berebut tahta kepemimpinan pada Gedung Tsaqifah Bani Saidah. Kedua kelompok ini saling memperdebatkan terkait  siapa yang pantas untuk mengemban amanah dalam memimpin umat Islam.

  • Arti Khalifah

Istilah atau Kata dari Khalifah dalam Al quran telah disebutkan. Tepatnya pada Quran surat Al-Baqarah. Dimana dalam ayat tersebut terjadi sebuah dialog antara malaikat dan Allah. 
Pada dialog tersebut intinya adalah Allah hendak menjadikan manusia (Nabi Adam) sebagai khalifah di bumi. Namun menurut para malaikat manusia hanya akan membuat kerusakan pada bumi, sehingga malaikat protes kepada Allah.

Namun karena ini adalah ketetapan dari Allah, maka Allah menciptakan manusia dengan akal dan pengetahuan dan menjadikan mereka sebagai khalifah di Bumi. Adapun tugas dari khalifah adalah membangun sebuah peradaban menggunakan akhlak yang baik serta memakmurkan bumi. 

Sehingga bisa dikatakan semua manusia di bumi ini bisa disebut sebagai khalifah. Sehingga dapat menarik sebuah kesimpulan awal bahwa khalifah adalah manusia yang pada dasarnya mendapatkan tugas dari sang pencipta untuk menjaga bumi dan merawatnya.

Namun pada akhir-akhir ini telah ada istilah yang menggunakan istilah khalifah. Sebagaimana yang dicetuskan oleh kelompok organisasi HTI atau Hizbut Tahrir Indonesia.
Sebagaimana yang tercantum dalam Al-quran seperti yang telah dibahas diatas namun berbeda dengan dengan konsep khilafah yang dimaksudkan oleh pendiri Hizbut Tahrir alias Taqiyuddin An Nabhani. 

Pada Konsep khilafah dengan konsep HTI merupakan sebuah pembahasan yang  masuk dalam ranah hukum fikih siyasah atau lebih mudahnya hukum politik.  Dimulai dari cara memilih pemimpin (nasbul imamah). 

Namun kelompok ini seakan memadu padankan dua konsep yang jelas berbeda dalam satu doktrin agama. Yaitu konsep Khilafah dan Khalifah, jadi siapapun yang beragama islam harus mengikuti aturan yang dibuat oleh kelompok ini.

Demikian apa itu khilafah dan khalifah, jadi sekarang Anda tau apa perbedaan keduanya. Semoga informasi ini bisa lebih bermanfaat.
BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar