6+ Cara Membersihkan Silikon Anti Crack Handphone

Cara Membersihkan Silikon Anti Crack Handphone Yang Kotor – Handphone merupakan perangkat elektronik yang setiap orang pasti memiliki, apalagi dijaman sekarang, handphone menjadi barang wajib yang harus dibawa ketika bepergian. Seperti benda/barang pada umumnya, handphone juga memiliki aksesoris yang berfungsi untuk melindungi atau pun sebagai hiasan agar handphone terlihat menarik. Salah satu aksesoris yang umumnya digunakan adalah casing silikon atau anti crack.

6+ Cara Membersihkan Silikon Anti Crack Handphone

Fungsi utama dari silikon anti crack handphone adalah sebagai pelindung handphone dari goresan maupun mengurangi benturan pada saat terjatuh selama pemakaian. Walaupun menggunakan silikon anti crack banyak menguntungkan, silikon juga memiliki kelemahan salah satunya yaitu perubahan warna. Untuk hal ini biasanya akan dialami oleh pengguna silikon berwarna bening yang berubah menjadi kekuningan.

Penyebab dari silikon anti crack berubah warna, diantaranya : keringat ditangan yang membuat kotoran mudah menempel pada silikon, gel yang dipakai ditangan, sinar UV, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang mengalaminya, jangan terburu – buru untuk membeli casing hp baru. Di artikel ini akan dibahas mengenai cara membersihkan silikon anti crack yang kotor atau menguning

Cara Membersihkan Silikon Anti Crack

1. Menggunakan Baking Soda

Cara yang pertama ini menggunakan baking soda

  • Pertama, anda siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, yaitu: mangkuk, air hangat, baking soda dan sikat gigi. Untuk sikat gigi, Anda gunakan saja yang sudah tidak terpakai.
  • Campurkan air hangat dan baking soda secukupnya ke dalam mangkuk, aduk hingga merata.
  • Masukkan silikon anti crack kedalam campuran tersebut dan rendam beberapa menit.
  • Gosok perlahan silikon dengan sikat gigi terutama pada bagian yang paling kotor. Kemudian periksa kembali silikon tersebut apakah sudah cukup bersih atau belum.
  • Jika dirasa belum cukup bersih, rendam kembali silikon kedalam cairan baking soda dalam jangka waktu yang lebih lama. Lalu, gosok kembali dengan sikat gigi sampai bersih.

2. Menggunakan Alkohol

Cara kedua menggunakan alkohol untuk membersihkan silikon anti crack. Alkohol yang digunakan bukan “minuman keras”, tapi alkohol medis yang biasa digunakan untuk membersihkan luka. Selain dapat digunakan untuk membersihkan silikon dari kotoran, alkohol juga dapat membersihkan silikon dari bakteri. Karena alkohol berfungsi untuk mensterilkan.

Caranya cukup mudah, Anda siapkan alkohol dengan kain halus, bisa juga menggunakan kapas atau tissue. Tuangkan sedikit alkohol pada kain, kemudian usapkan pada silikon hp pada area yang kotor dan lihat hasilnya.

3. Dengan Sabun Pencuci Piring

Sabun cuci piring juga bisa untuk membersihkan silikon anti crack, selain untuk mencuci piring. Caranya cukup mudah, Anda tinggal cuci saja silikon dengan sabun dan gosok menggunakan spons busa seperti mencuci piring biasa. Setelah selesai, keringkan silikon dengan kain bersih.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Anda juga dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan silikon. Caranya cukup mudah, basahi silikon hp anda dengan air hangat, kemudian oleskan pasta gigi pada area yang dirasa kotor. Kemudian, sikat perlahan menggunakan sikat gigi sampai silikon bersih. Dan bilas menggunakan air.

5. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Benda yang sudah terkenal akan manfaatnya ini, juga tidak hanya untuk kesehatan. Tetapi juga dapat berfungsi untuk membersihkan silikon anti crack yang kotor. Hanya saja, untuk noda berat kurang efektif, disarankan untuk noda ringan saja seperti bekas tempelan stiker, isolasi, double tip, kotoran makanan yang menempel, dan sebagainya.

Cara menggunakannya, tuang atau teteskan pada pada kain bersih/kapas. Kemudian usapkan pada silikon yang kotor sampai bersih. Jika anda tidak menyukai bau minyak kayu putih, anda bisa mencuci silikon dengan sabun untuk menghilangkan bau.

6. Menggunakan Bensin/Bahan Bakar

Cara ini menggunakan bahan bakar. Ini bukan dibakar lalu dibuang, tetapi memang cara membersihkannya menggunakan bahan bakar. Cara ini memang berbahaya untuk di aplikasikan, tapi cara ini cukup ampuh untuk membersihkan silikon karena saya sudah pernah menggunakan untuk membersihkan silikon.

Cara menggunakannya cukup celupkan kain bersih ke bensin, kemudian gosokkan pada silikon yang kotor dan anda bisa lihat hasilnya. Kemudian cuci silikon dengan sabun untuk menghilangkan bau menyengat dari bensin.

7. Menggunakan Thinner

Selain berfungsi untuk mengencerkan cat kayu dan besi, politur serta bahan-bahan finishing lain. Thinner juga dapat digunakan untuk membersihkan silikon anti crack. Tapi Anda harus hati – hati dalam menggunakannya, karena thinner termasuk cairan yang berbahaya, memiliki bau menyengat dan mudah terbakar. Untuk cara menggunakannya  sama dengan membersihkan menggunakan bensin. Setelah itu cuci dengan sabun untuk menghilangkan bau menyengat pada thinner.

Itulah beberapa cara membersihkan silikon anti crack. Semoga cara tersebut dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan silikon hp Anda.

BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar