Dasar Serta Fungsi Dari Pendidikan Agama Islam Yang Penting Di Pahami

Dasar Serta Fungsi Dari Pendidikan Agama Islam Yang Penting Di Pahami

Dasar Serta Fungsi Dari Pendidikan Agama Islam Yang Penting Di Pahami – Kini pendidikan merupakan salah satu yang wajib di jalani di Indonesia. Semua orang kini memiliki kewajiban untuk menempuh pendidikan setidaknya 12 tahun yaitu mulai dari SD hingga SMA. Banyak sekali yang bisa di dapatkan dari adanya pendidikan yang diikuti saat ini dan kemudian memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat. Dalam sebuah pendidikan pada dasarnya ada berbagai macam pelajaran yang penting di pelajari di sekolah. Salah satunya adalah pendidikan agama islam yang memiliki peranan penting dalam pembentukan akhlak seseorang.

Pendidikan agama islam tentunya menjadi salah satu pembelajaran yang penting untuk di dapatkan oleh siswa di sekolah. Hal ini tentunya karena ada banyak sekali manfaat dari adanya pendidikan agama islam yang di berikan di sekolah. Dimana pendidikan agama islam sendiri akan membuat siswa memilik akhlak yang lebih mulia sesuai dengan tuntunan yang ada didalam al-qu’an. Sehingga nantinya siswa akan mulai belajar menata diri dan menjauhkan dari berbagai macam hal yang pada dasarnya di larang oleh islam. Selain itu tentunya adanya pembelajaran agama islam di sekolah akan membuat siswa bisa berinteraksi dengan baik dalam kehidupannya.

Pada dasarnya sebuah pembelajaran mengenai agama islam merupakan salah satu hal yang penting dilakukan karena sumbernya berasal dari al-qu’an dan hadist. Dimana didalam pendidikan agama islam sendiri ada berbagai macam pembelajaran yang di berikan kepada siswa. Diantara beberapa macam pembelajaran tersebut antara lain adalah akidah untuk meningkatkan keimanan serta syariah yang didalamnya terdapat ajaran mengenai amal. Dengan adanya pembelajaran tersebut maka siswa akan dilatih dan di didik untuk menjadi pribadi yang taqwa dan dapat menerapkan amal baik dalam kehidupannya.

Dalam pembahasan di bawah ini kamu akan di berikan penjelasan terkait dengan berbagai macam fungsi dari adanya pendidikan agama islam. Dengan adanya informasi yang nantinya di sampaikan maka kamu akan paham betul akan pentingnya pembelajaran mengenai islam. Dengan begitu maka nantinya pendidikan agama islam bisa di berikan secara tepat dan kemudian berusaha untuk di terapkan dalam berbagai macam bentuk praktik kehidupan. Untuk itu maka penting bagi kamu sekarang ini supaya menyimak pembahasan mengenai berbagai macam fungsi pembelajaran agama islam di sekolah. Sehingga nantinya kamu akan mendapatkan pemahaman yang utuh terkait dnegan berbagai macam fungsi yang tersedia tentunya.

Di Bawah Ini Berbagai Macam Fungsi Pendidikan Agama Islam

Mengembangkan wawasan keislaman
Salah satu fungsi penting dari adanya pendidikan agama islam yang di berikan di sekolah adalah dapat mengembangkan wawasan keislaman. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan karena tanpa adanya wawasan keislaman maka kehidupan manusia akan kacau. Banyak manusia yang nantinya tidak akan mengerti terkait dengan aqidah yang dimiliki serta mereka akan bertindak sesuka hati. 
Akibatnya akan banyak sekali berbagai macam permasalahan yang nantinya muncul karena manusia yang berbuat sesuka hati dalam kehidupannya. Dengan begitu maka tentunya di sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya pembelajaran mengenai agama islam memang perlu untuk di berikan.

Sebagai dasar dalam menjalin hubungan antar manusia
Selain itu tentunya salah satu fungsi lainnya yang perlu untuk di perhatikan terkait dengan adanya pendidikan agama islam di sekolah adalah dapat di jadikan sebagai pedoman. Dimana dengan adanya pendidikan yang di berikan berkaitan dengan agama islam maka siswa nantinya memiliki pedoman dalam hidup. Salah satunya adalah dalam menjalin hubungan antar manusia yang pastinya di dasarkan pada kewajiban serta hak sebagai seorang muslim. Dengan begitu maka nantinya seseorang akan bisa bertindak dan berperilaku di tengah masyarakat sesuai tuntunan Al-Qur’an.

Meningkatkan ketaqwaan
Fungsi lainnya dari adanya pendidikan agama islam yang memang perlu untuk di perhatikan adalah dapat meningkatkan ketaqwaan seseorang. Ya, pembelajaran mengenai agama islam akan memberikan siswa pengetahuan serta wawasan yang lebih kompleks mengenai ajaran-ajaran didalamnya. Hal ini tentunya akan membuat siswa memahami apa saja ajaran yang wajib di kerjakan sebagai seorang muslim dalam kehidupannya. 

Dengan begitu maka nantinya siswa akan menginternalisasikannya dalam kehidupan sehari-hari dari bentuk ketaqwaannya kepada Allah SWT. Untuk itu maka sangat penting sekarang ini agar kemudian dalam sebuah pendidikan di berikan pembelajaran agama islam sehingga dapat menyerap dalam diri siswa.

Memunculkan jiwa tauhid
Salah satu fungsi penting dari pembelajaran mengenai agama islam adalah memunculkan jiwa tauhid dalam diri siswa. Banyak sekali berbagai macam materi tauhid yang pastinya memiliki manfaat besar bagi kehidupan yang di jalankan oleh siswa. Dimana nantinya dari pengetahuan mengenai tauhid yang didapatkan maka akan bisa di internalisasikan pada kehidupan sehari-hari. Dengan adanya pendidikan agama islam maka seorang siswa akan lebih yakin bahwa segala sesuatunya berasal dari Allah SWT. Dengan begitu maka nantinya jiwa tauhid yang dimiliki oleh seorang siswa akan terus bertambah seiring adanya pengetahuan islam yang semakin meningkat.

Mampu menjalankan ibadah dengan tepat
Selain itu tentunya pembelajaran agama islam akan bisa mendatangkan begitu banyak fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan siswa. Salah satunya adalah siswa dapat mengerti bagaimana caranya untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ketentuan islam. Dengan begitu maka nantinya siswa akan berusaha untuk hidup dan menjalankan aktivitasnya dalam bentuk ibadah kepada Allah SWT. Sehingga nantinya kehidupannya akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan Allah SWT dan kemudian bisa mendatangkan banyak kebaikan dalam hidup.

Dapat meningkatkan akhak
Salah satu fungsi penting lainnya yang bisa di dapatkan oleh seorang siswa dari adanya pendidikan agama islam sendiri adalah dapat meningkatkan akhlak. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa islam mengajarkan seseorang untuk dapat memiliki akhlak yang baik dalam kehidupannya. Untuk itu maka adanya pendidikan agama islam sendiri akan dapat meningkatkan akhlak yang baik dalam diri manusia dalam kehidupannya. Dimana didalam ajaran islam sendiri orang di haruskan untuk bisa bertindak dan berperilaku dengan akhlaqul kharimah. Dengan begitu maka nantinya kehidupan yang di jalankan oleh individu dalam kehidupan akan berjalan sesuai dengan yang semestinya.

Tentunya masih banyak lagi berbagai macam fungsi lainnya yang bisa didapatkan dari adanya pendidikan agama islam yang pastinya penting di pahami. Adanya pembelajaran agama islam sendiri merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk di berikan di sekolah sehingga nantinya banyak manfaat yang di rasakan. Dimana nantinya orang akan bisa menerapkan berbagai macam ajaran yang di berikan oleh agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan kepada kamu mengenai fungsi pembelajaran agama islam dan semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat nantinya.

BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar