Kabel Straight Dan Cross: Susunan Warna, dan Fungsinya

Susunan Warna Kabel Straight dan Crossover Serta Fungsinya – Ada berbagai jenis kabel yang digunakan dalam berbagai jaringan yang memiliki fungsi berbeda-beda pula. Seperti salah satunya adalah kabel straight dan cross. Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa sih kedua jenis kabel ini. Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang kedua jenis kabel tersebut beserta susunan warnanya.

Kabel Straight Dan Cross: Susunan Warna, dan Fungsinya

Fungsi dan Susunan Kabel Straight dan Cross 

Jenis kabel straight dan cross memiliki pengertian yang berbeda. Pertama untuk kabel straight merupakan jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan 2 buah device yang berbeda.

Seperti misalnya menghubungkan komputer dan switch, menghubungkan switch ke router, menghubungkan komputer dengan port hub, menghubungkan port WAN router ke port LAN modem/DSL, dan lain sebagainya. Untuk kabel straight memiliki ciri-ciri berupa kedua sisinya, yaitu baik sisi A maupun sisi B kabel memiliki susunan kawat yang memiliki warna yang sama.

Sedangkan, untuk kabel cross adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua buah device dengan jenis yang sama. Seperti untuk menghubungkan komputer ke komputer, hub ke hub, switch dengan switch dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kabel straight yang memiliki susunan warna yang sama di kedua ujungnya, maka kabel cross berbeda. Hal ini karena pada kabel cross, salah satu ujung kabel cross tetap menggunakan susunan warna kabel straight. Sedangkan pada ujung lainnya menggunakan urutan warna yang berbeda pula.

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian dan ciri kabel straight dan cross yang disebutkan di atas, dapat diketahui jika kedua jenis kabel ini memiliki susunan warna yang berbeda.

Penyusunannya ini berdasarkan standard Internasional yang digunakan dalam penyusunan dan urutan warna kabel UTP. Standar yang digunakan ada dua, yaitu TIA/EIA 568A dan standar TIA/EIA 568B. Jika pada ujungnya menggunakan standar pertama maka hingga ujung berikutnya juga harus menggunakan standar yang sama.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, susunan atau Urutan warna antara kabel straight dan kabel cross masing-masing berbeda. Berikut ini adalah susunan atau urutan warna yang digunakan pada jenis kabel straight.

Susunan Warna Kabel Straight

1. Pin 1 dengan warna putih – Orange

2. Pin 2 dengan warna orange

3. Pin 3 dengan warna putih – hijau

4. Pin 4 dengan warna biru

5. Pin 5 dengan warna putih – biru

6. Pin 6 dengan warna hijau

7. Pin 7 dengan warna putih – coklat

8. Pin 8 dengan warna coklat

Susunan Warna Kabel Straight Dan Cross & Fungsinya

Jenis kabel cross sebenarnya cara pembuatannya sama dengan cara pembuatan pada kabel straight. Yang membedakan keduanya adalah susunan atau urutan warnanya serta fungsinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi dari kabel cross adalah untuk menghubungkan dua perangkat yang sama.

Secara spesifik, kabel cross ini berfungsi untuk saling menghubungkan perangkat keras jaringan dengan level fungsi yang sejenis atau sama. Nah, untuk susunan atau urutan warna yang digunakan pada kabel cross adalah sebagai berikut.

Susunan Warna Kabel Crossover

1. Pin 1 menggunakan warna kabel putih – hijau

2. Pin 2 menggunakan warna kabel hijau

3. Pin 3 menggunakan warna kabel putih – orange

4. Pin 4 menggunakan warna kabel biru

5. Pin 5 menggunakan warna kabel putih – biru

6. Pin 6 menggunakan warna kabel orange

7. Pin 7 menggunakan warna kabel putih – coklat

8. Pin 8 menggunakan warna kabel coklat.

Susunan Warna Kabel Straight Dan Cross & Fungsinya

Mengenal berbagai jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komunikasi tentu akan memudahkan dalam pemasangan jaringan tersebut. Paling tidak, jika tidak tahu tentang bagaimana pemasangannya, Anda bisa mengetahui berbagai jenis kabel berdasarkan fungsinya. Termasuk juga pada jenis kabel straight dan cross yang tersusun dari warna yang berbeda.

Dengan mengetahui masing-masing susunan atau urutan warnanya, Anda juga akan mengetahui fungsi dari kabel tersebut. Sekian artikel tentang Susunan Warna Kabel Straight dan Crossover Serta Fungsinya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar