Majas Klimaks: Pengertian, Dan Contohnya

Apa Itu Majas Klimaks dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-Hari – Mempelajari kaidah penulisan dalam bahasa Indonesia yang baik akan membantu dalam memperkaya gaya penulisan dan berbicara Anda. Salah satunya adalah dengan mempelajari macam-macam gaya bahasa atau majas dalam Bahasa Indonesia.

Majas Klimaks: Pengertian, Dan Contohnya

Gaya bahasa atau majas ini adalah keragaman penulisan dan penyusunan kalimat yang akan memperindah tulisan atau kalimat yang Anda ucapkan. Salah satu jenis majas yang ada di dalam Bahasa Indonesia adalah majas klimaks. Apa sebenarnya gaya bahasa ini dan bagaimana contohnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Majas Klimaks

Secara bahasa, klimaks merupakan puncak dimana suatu hal yang terjadi sudah memuncak atau berada pada puncaknya. Sedangkan Majas Klimaks sendiri merupakan jenis gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berurutan dari tahap paling sederhana, atau tahap paling rendah hingga ke tahap tertinggi hingga mencapai makna yang memuncak. Dalam penerapannya biasa dikenal dengan hirarki.

Penulisan kalimat yang menggunakan majas klimaks diutarakan dengan cara berturut-turut atau bertahap dari tingkat paling rendah ke tingkat paling tinggi (puncak) untuk menyatakan maksud sesungguhnya dari kalimat tersebut. Dalam penyusunan kalimatnya juga tidak sembarangan mengurutkan kata atau frasa yang digunakan agar tercipta kalimat. Melainkan harus menggunakan kata-kata yang berada dalam satu rumpun atau satu kelompok yang menguraikan golongan ataupun proses.

Jenis gaya bahasa ini tidak hanya mudah ditemukan dalam konteks kalimat tertulis seperti dalam karya sastra saja. Bahkan bisa dibilang secara tidak sadar, kita juga sering menggunakan gaya bahasa ini untuk melakukan percakapan. Untuk memberikan penjelasan dan pemahaman lebih pada gaya bahasa ini, berikut adalah beberapa contoh majas klimaks yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kalimat Majas

  1. Upacara hari senin yang diadakan di lapangan sekolah itu dihadiri oleh semua warga sekolah, mulai dari siswa, staff dan karyawan sekolah, guru hingga kepala sekolah.
  2. Puluhan, ratusan hingga ribuan karyawan pabrik rokok itu sudah memadati alun-alun kabupaten untuk melakukan demonstrasi menuntut kenaikan gaji pokok kepada Bupati.
  3. Toko Buku Lentera itu dibuka mulai dari haru Senin, Selasa hingga Sabtu dan hanya tutup di hari Minggu serta hari libur nasional.
  4. Aku sudah tinggal di kawasan ini sejak kecil dan kuperhatikan dari dulu hingga sekarang lingkungan ini tidak pernah berubah, selalu aman dan bersih.
  5. Hari ini materi pelajaran Biologi anak-anak kelas 4 akan mempelajari tentang tahap perkembangan kupu-kupu yang dimulai dari telur, kemudian berubah menjadi ulat, kepompong dan berakhir menjadi kupu-kupu.
  6. Adanya situs berita online semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru, mulai dari sosial, ekonomi, bisnis hingga gaya hidup.
  7. Sebelum mulai membuat kue favoritnya, Eka sudah menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, mulai dari agar-agar, tepung terigu, mentega, hingga coklat dan buah-buahan.
  8. Kenaikan harga bahan bakar minyak bahkan sudah dikeluhkan oleh berbagai kalangan, dari kalangan bawah, menengah bahkan hingga kalangan atas.
  9. Pendaftaran kompetisi memasak ini boleh diikuti oleh siapa saja dari berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, pegawai swasta hingga pengusaha pun boleh berpartisipasi.
  10. Kalau Anda ingin mencari hasil laut kualitas terbaik, lebih baik datang langsung ke pasar ikan, disana Anda bisa mendapatkan berbagai hasil laut dari ikan, cumi-cumi, kerang hingga udang dan rumput laut.

Nah, itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang gaya bahasa atau majas klimaks. Dari penjelasan di atas, kini Anda tahu bukan bahwa gaya bahasa ini ternyata banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, tidak hanya dalam konteks tulisan.

BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar