Pengertian Pantun Sahabat Dan Contohnya

Pengertian Pantun Sahabat dan Contohnya – Berbagai karya sastra merupakan salah satu bentuk ungkapan perasaan dari penulisnya yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Karena itu, karya sastra dalam bentuk apapun pasti dibuat dengan indah. Pemilihan kata, penyusunan hingga bentuk karya itu sendiri. Termasuk juga dalam pembuatan pantun yang merupakan jenis puisi lama.

Pengertian Pantun Sahabat Dan Contohnya

Pantun sebagai puisi lama ditulis dengan mengikuti aturan tertentu karena memang penulisannya masih terikat aturan. Jenis pantun beragam sesuai dengan isi pantun itu sendiri. Salah satunya adalah pantun sahabat yang di dalamnya berisi tentang persahabatan atau pesan persahabatan.

Pengertian Dan Contoh Pantun Sahabat

Ketika menulis pantun, Anda harus tahu terlebih dahulu aturan utama dalam penulisannya. Aturan ini harus diterapkan karena merupakan struktur utama dalam pantun, tentu juga akan membuat pantun yang ditulis menjadi lebih indah.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pantun terdiri dari berbagai jenis tergantung isinya, contohnya pantun persahabatan. Isi pantun berada di baris ketiga dan keempat dalam satu bait pantun. Sedangkan baris ke 1 dan baris ke 2 disebut sebagai sampiran. Dengan begitu dalam penulisan pantun, satu bait harus terdiri dari 4 baris.

Aturan struktur penulisan pantun selanjutnya, dalam setiap baris pantun yang ditulis harus terdiri dari 8 sampai 12 suku kata. Struktur pantun yang paling khas dan membedakan dengan jenis puisi lain adalah penggunaan rima atau sajak. Rima atau bunyi akhir kalimat pada pantun selalu sama atau membentuk pola silang.

Misalnya ada pola rima a a a a dan ada pola a b a b. Jadi ketika di baris pertama menggunakan pola a, maka baris selanjutnya pola b dan seterusnya sampai baris keempat. Penulisan pantun ini juga tidak bisa terlepas dari adanya unsur ekstrinsik yang mempengaruhi keseluruhan pantun. Salah satunya latar belakang sosial budaya yang membentuk cerita di dalam pantun, seperti pantun persahabatan misalnya.

Pengertian Pantun Sahabat

Pantun persahabatan adalah pantun yang ditujukan kepada teman atau sahabat, yang berisi cerita tentang persahabatan. Pantun jenis ini dibuat karena latar belakang pengalaman atau kisah tentang persahabatan yang dialami sendiri oleh penulisnya.

Dengan menuangkannya dalam bentuk pantun, penulis berharap bisa menceritakan dan menyampaikan pesan dari pantun tersebut kepada lebih banyak pembaca. Seperti beberapa contoh pantun sahabat berikut misalnya.

Contoh Pantun

Pergi ke pasar membeli tanaman
Tanaman disiram agar tak layu
Sudah senang hatiku rasakan
Memiliki teman sebaik dirimu

Ke kota Baru menyeberang jembatan
Jembatan indah di atas sawah
Ingat selalu jaga persahabatan
Persahabatan abadi sangat indah

Lama nian kita tak bertemu
Bertemu sekali berbagi kisah
Jika ingin tahu siapa sahabatmu
Mereka yang datang saat kau susah

Pergi ke pasar membeli peniti
Baju bertali elok di mata
Jika memiliki sahabat sejati
Lebih berharga dari emas permata

Ke toko buku membeli Surat kabar
Selesai dibaca lalu diikat
Kau boleh sebut mantan pacar
Tapi tak ada mantan sahabat

Jalan-jalan membawa sepatu
Sepatu dua warnanya beda
Terima kasih menjadi sahabatku
Selalu ada dalam suka maupun duka

Buah semangka merah sudah matang
Merah matang manis rasanya
Jangan samakan sahabat dengan uang
Karena sahabat tak ternilai harganya

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang pantun sahabat dan beberapa contohnya. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pantun memiliki struktur yang sama apapun jenisnya dan merupakan unsur intrinsik pembentuk pantun. Sedangkan jenis pantun bisa dibedakan berdasarkan isinya yang juga terpengaruh pada unsur ekstrinsik. Contohnya pantun jenis sahabat di atas yang isinya tentang sahabat, merupakan pantun yang dibuat berdasarkan cerita atau pengalaman penulis tentang sahabat.

BAGIKAN
| |

Tinggalkan komentar